Sukses

Pemerintah Suriah Sebut Gejolak Telah Berakhir

Pemerintah Suriah menyatakan bahwa mereka telah berhasil mengalahkan oposisi yang selama ini memberontak terhadap Presiden Bashar al-Assad.

Liputan6.com, Damaskus: Konflik antara pihak oposisi dan pemerintah Suriah sudah berlangsung setahun lebih. Dan, kini gejolak dinyatakan telah berakhir.

Media AFP mewartakan, Sabtu (31/3), kubu pemerintah Suriah mendeklarasikan bahwa mereka telah berhasil mengalahkan oposisi yang selama ini memberontak Presiden Bashar al-Assad. Menurut pemerintah, saat ini mereka tengah berjuang untuk menstabilkan keadaan negara.

"Perang melawan pembangkang telah berakhir, dan kini pemerintah berjuang untuk menjamin stabilitas negara dan membangun kembali pemerintahan baru," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Suriah Jihad Makdisi kepada stasiun televisi Suriah.

Makdisi juga menyatakan bahwa pemerintah akan menarik pasukannya jika keadaan negara sudah benar-benar stabil. Menurutnya, pemerintah Assad kini sedang menyatukan visi untuk mereformasi pemerintahan.

"Masih adanya militer pemerintah di Suriah adalah untuk tujuan defensif, untuk melindungi warga sipil. Setelah keadaan benar-benar aman, kami akan menarik pasukan," tambah Makdisi.

Menurut laporan PBB, tercatat lebih dari 9.000 orang tewas dalam bentrokan Suriah yang dimulai sejak satu tahun silam.(RZK/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini