Sukses

Korut Rayakan Hari Kelahiran Kim Jong-il

Korea Utara akan merayakan hari kelahiran sekaligus hari jadi sang pemimpin yang sudah meninggal, Kim Jong-il, yang ke-70 pada Kamis (16/2) ini, serta menandai kesuksesannya dalam pengembangan nuklir

Liputan6.com, Pyongyang: Korea Utara akan merayakan hari kelahiran sekaligus hari jadi sang pemimpin yang sudah meninggal, Kim Jong-il, yang ke-70 pada Kamis (16/2) ini, serta menandai kesuksesannya dalam pengembangan nuklir. Kepemimpinan negara terisolasi itu juga menyerukan rakyat Korut untuk bersatu di bawah pimpinan putranya, Kim Jong Un.

Menurut televisi pemerintah, sebuah pameran bunga dan perlombaan skating menjadi salah satu perayaan ulang tahun tersebut. Pada acara peringatan yang digelar di Pyongyang pada Rabu kemarin, Kim Jong Un naik ke podium untuk memberikan tepuk tangan antusias.

Kim Jong Un terlihat duduk di barisan depan di samping pamannya, Jang Sung Taek - yang dilaporkan menjabat sebagai walinya - bibinya Kim Kyong Hui dan kepala staf umum Tentara Rakyat Korea Utara, Ri Yong Ho.

Setelah mengheningkan cipta sejenak, Presiden Majelis Rakyat Agung Kim Yong Nam mengatakan Kim Jong-il adalah tokoh yang berani membuat Korea Utara menjadi negara nuklir dan prestasinya akan dipuji sepanjang masa. Kim Yong Nam mengatakan, ideologi besar kepemimpinannya telah diwariskan kepada putran dan penggantinya, Kim Jong Un.

Kepemimpinan Korea Utara saat ini tampaknya akan mempercepat pendewaan atas kepemimpinan Kim Jong Il dan menggunakan momen hari ulang tahunnya untuk menyatukan administrasi Kim Jong Un. (NHK/JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini