Sukses

Kaisar Akihito Akan Jalani Operasi Jantung

Kaisar Jepang Aikihito akan menjalani operasi by pass akibat tersumbatnya aliran darah ke jantungnya. Operasi tersebut direncanakan dilakukan pada Sabtu mendatang.

Liputan6.com, Tokyo: Kaisar Jepang Akihito direncanakan menjalani operasi by pass Sabtu (18/2) mendatang untuk memperlancar pasokan darah ke jantungnya.

Tindakan ini akan menjadi operasi pertama Kaisar sejak menjalani operasi prostat pada sembilan tahun silam. Seperti diberitakan NHK, Kaisar telah menjalani perawatan sejak tahun lalu ketika dokter mendeteksi arterinya menyempit.

Pemeriksaan arteri koroner dan laju aliran darah di jantung Kaisar dilakukan oleh tim dokter di Rumah Sakit Universitas Tokyo pada Sabtu (11/2). Kemudian tim dokter mendeteksi kondisi prai 78 tahun itu semakin memburuk. Mereka menganjurkan operasi bypass koroner untuk menambah dua vessel di sekitar jantungnya.

Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan kepada wartawan, Ahad (13/2), Kaisar dan Permaisuri tanpa ragu telah memutuskan untuk melakukan operasi karena kondisi Kaisar telah memburuk sejak tahun lalu. Tindakan tersebut dinilai dapat memperbaiki kondisi kesehatan Kaisar daripada hanya menjalani serangkaian pengobatan.

Operasi akan dilakukan tim dokter dari University of Tokyo dan Juntendo University. Ia diperkirakan akan meninggalkan rumah sakit sekitar dua pekan pascaoperasi. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini