Sukses

Rusia: Serangan Terhadap Iran Akan Jadi Bencana

Rusia memperingatkan AS dan Israel jika serangan militer terhadap Iran akan menjadi bencana dengan konsekuensi yang berat. Serangan terhadap Iran bakal memicu krisis pengungsi regional dan inter-komunal yang mengakibatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Moskow: Rusia memperingatkan Amerika Serikat dan Israel yang berambisi menyerang Iran akibat program nuklirnya. Rusia menyatakan jika serangan militer terhadap Iran akan menjadi bencana dengan konsekuensi yang berat.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, di Moskow, Rusia, Rabu (18/1), mengatakan, serangan terhadap Iran bakal memicu krisis pengungsi regional dan inter-komunal yang mengakibatkan ketegangan di wilayah tersebut. Serangan itu, tambahnya, akan menambah konflik atara Sunni dan Syiah yang masih belum terelesaikan.

Lavrov juga mengungkapkan ketidaksetujuannya akan sanksi tambahan untuk Iran. "Tambahan sanksi sepihak terhadap Iran tidak ada hubungannya dengan rencana pemerintahan Iran dalam ambsi nuklirnya," kata Lavrov [baca: AS Akan Terus Tekan Iran].

Lavrov menyatakan Rusia memiliki bukti Iran siap untuk bekerja sama lebih erat dengan inspektur dari pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa, IAEA. Ia menambahkan, Eropa dan Amerika Serikat sedikit memaksakan tindakan tegas terhadap Iran yang dianggap memiliki tujuan tertentu.

Komentarnya Lavrov datang saat diplomat Uni Eropa menyatakan akan mengembargo minyak Iran agar negara-negara tersebut tidak ketergantungan pada pasokan Iran.(ZeeNews/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini