Sukses

Mesir Siap Gelar Pemilu Putaran Kedua

Pemilu kedua ini akan menentukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang merampungkan konstitusi baru Mesir pascaera revolusi.

Liputan6.com, Kairo: Penduduk Mesir akan mengikuti pemilu putaran kedua sejak tumbangnya rezim Presiden Husni Mubarak Februari silam. Pemilu kedua ini akan menentukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang merampungkan konstitusi baru Mesir pascaera revolusi. Dari hasil pemilu, sebanyak 332 kursi dari 498 kursi akan ditentukan secara merata.

Pemilu putaran pertama yang dilaksanakan pada 28-29 November silam, didominasi oleh dua partai muslim yang berkoalisi, yakni Partai Kebebasan dan Keadilan (sayap politik Ikhwanul Muslimin) dengan persentase suara sebanyak 36,6 persen. Kedua partai tersebut berkonsolidasi dengan mengandalkan suara dari golongan menengah ke bawah dan kaum konservatif.

Pemilu Mesir direncanakan akan memakan waktu tiga bulan kedepan mengingat sistem pemilihan yang cukup rumit. Adapun putaran ketiga akan dilaksanakan pertengahan Januari 2012 untuk memilih presiden.

Menurut Jon Leyne dari BBC News, kandidat muslim diharapkan dapat memenangi pemilu. Dengan paham konservatifnya, Partai Salafist al-Nour diramalkan akan sukses di putaran kedua. Pada putaran pertama, partai tersebut memperoleh suara terbanyak dengan persentase 24,4 persen.(RZK/ANS/BBCNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini