Sukses

Pertemuan ASEAN-Jepang Digelar

Dalam pertemuan ini, Jepang dan ASEAN membahas kerja sama Konektivitas ASEAN, peningkatan ekonomi dan perdagangan. Serta upaya memperkecil kesenjangan pembangunan di antara negara-negara ASEAN.

Liputan6.com, Nusa Dua: Perhelatan KTT ASEAN dan negara mitra atau KTT ASEAN Plus digelar hari ini atau Jumat (18/11) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDC), Nusa Dua, Bali. Ketiga mitra ASEAN itu adalah Cina, Jepang, dan Korea Selatan. Pertemuan ASEAN dengan Perdana Menteri Cina Wen Jiabao mengawali KTT ASEAN Plus. Agenda kedua adalah pertemuan antara ASEAN dan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda.

Dalam pertemuan ini, Jepang dan ASEAN membahas kerja sama Konektivitas ASEAN, peningkatan ekonomi dan perdagangan. Serta upaya memperkecil kesenjangan pembangunan di antara negara-negara ASEAN. Adapun dalam keterangan persnya di BNDCC, Jumat pagi, Juru Bicara Juru Bicara Kabinet Jepang Noriyuki Shikata memaparkan mengenai rekonstruksi Jepang pascabencana tsunami 11 Maret silam. Selain itu, Shitaka menjelaskan kebijakan luar negeri pemerintahan PM Yoshihiko. Terutama, mengenai isu politik dan keamanan terkini di kawasan Asia Pasifik.

PM Yoshihiko Noda memimpin delegasi Jepang dalam rangkaian pertemuan KTT ASEAN Plus dan KTT Asia Timur. Seperti dilansir NHK, sebelum bertolak meninggalkan Tokyo, Noda mengatakan ingin menjadikan kesempatan tersebut untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara anggota ASEAN.

Terkait soal Amerika Serikat dan Rusia, Noda mengungkapkan harapannya agar pertemuan tersebut akan berbuah meningkatnya persamaan pendapat serta aturan-aturan dasar di bidang politik, keamanan, dan masalah regional lainnya.

Noda kembali mengatakan Jepang akan memulai pembicaraan dengan negara-negara yang ikut serta dalam perundingan masalah Kemitraan Trans-Pasifik (TPP). Menurut Noda, kesepakatan kerja sama ekonomi antara Jepang, Cina, dan Korea Selatan juga penting dan Noda berharap agar juga dapat membahas hal tersebut.

Noda menambahkan ia ingin membahas penetapan sebuah Kawasan Perdagangan Bebas Asia-Pasifik dalam kerangka kerja ASEAN bersama Jepang, Cina, serta negara lainnya.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini