Sukses

Banjir dan Longsor Ancam Sejumlah Daerah

Memasuki musim penghujan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan ancaman bencana banjir dan bahaya tanah longsor.

Liputan6.com, Jakarta: Memasuki musim penghujan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan ancaman bencana banjir. Tak hanya banjir, bahaya longsor juga mengancam di musim penghujan in. BNPB melansir ada 16 provinsi dengan risiko tinggi gerakan tanah.

BNPB melansir 11 provinsi dengan risiko banjir tinggi mulai Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, dan seluruh provinsi di Pulau Jawa. Termasuk di dalamnya DKI Jakarta yang 40 persen wilayahnya terletak di bawah permukaan laut.

Selain itu, sejumlah daerah mendapat perhatian khusus BNPB karena risiko bencana yang lebih tinggi atau banjir lahar dingin. Di lereng Gunung Merapi, masih tersimpan endapan material 90 juta meter kubik yang bisa mengalir melalui 13 sungai ke arah barat dan selatan.

Pendangkalan sungai dan rusaknya tanggul di Bengawan Solo juga mengancam daerah hilir sungai di Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik. Sementara Jakarta, BNPB mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir siklus lima tahunan seperti pada tahun 2002 dan 2007.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini