Sukses

Belum Ada Kepastian Pemakaman Khadafi

Hingga kini keputusan soal di mana dan kapan mendiang Khadafi akan dimakamkan belum mencapai kata akhir.

Liputan6.com, Tripoli: Kematian Khadafi hingga kini masih menyisakan banyak pertanyaan. Sebuah video amatir mengesankan Khadafi diseret di sepanjang jalan Kota Sirte. Amerika Serikat bahkan meminta keterangan yang transparan dan terbuka atas kematian Khadafi ini. Sementara Rusia menilai kematian Khadafi masih menyisakan banyak pertanyaan. Demikian dilansir BBC, Ahad (23/10)

Kematian Khadafi ini juga disesalkan pemerintah sementara Libia yang menegaskan mereka menginginkan Khadafi dalam keadaan hidup. "Secara pribadi saya menginginkan Khadafi hidup. Saya ingin mengetahui mengapa dia melakukan semua perbuatannya selama ini. Saya berharap menjadi penuntutnya dalam pengadilan," kata PM sementara Libia, Mahmoud Jibril.

Jibril menegaskan pemerintahannya menyetujui jika dunia internasional menginginkan penyelidikan terbuka selama pemakaman sesuai hukum Islam juga dihormati. Sementara itu, hingga kini keputusan soal di mana dan kapan mendiang Khadafi akan dimakamkan juga belum mencapai kata akhir. Belum adanya kepastian ini membuat pemakaman Khadafi tertunda.

Selain itu belum diketahui apakah Khadafi akan dimakamkan di Misrata, Sirte, atau tempat lainnya. Namun, sejumlah pejabat Dewan Transisi Nasional (NTC) menyatakan mereka menginginkan pemakaman Khadafi dilakukan secara rahasia. Kerahasiaan ini penting untuk menghindari agar makam Khadafi tidak dijadikan tempat ziarah bagi para pengikutnya.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.