Sukses

Banjir di Asia Tenggara Meluas

Banjir besar yang dipicu oleh hujan lebat di beberapa kawasan Asia Tenggara menyebabkan kerusakan serius di seluruh wilayah yang terkena banjir, seperti di Thailand, Vietnam, Kamboja, hingga Laos.

Liputan6.com, Bangkok: Banjir besar yang dipicu oleh hujan lebat di beberapa kawasan Asia Tenggara menyebabkan kerusakan serius di seluruh wilayah yang terkena banjir. Beberapa wilayah yang terkena mulai dari Thailand, Vietnam, Kamboja, hingga ke Laos. Demikian dilaporkan situs NHK, Selasa (18/10).
 
Di Thailand, banjir terburuk dalam setengah abad terakhir ini telah merendam sekitar sepertiga dari provinsi negara itu dan membanjiri bangunan dan lahan pertanian. Setidaknya 307 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 2,3 juta warga Thailand menjadi korban banjir.
 
Hingga saat ini, tidak ada kerusakan besar yang dilaporkan di ibu kota Bangkok. Namun, hujan yang turun terus-menerus itu masih terjadi sampai Senin kemarin dan beberapa struktur di sepanjang Sungai Chao Phraya tergenang air. Sebelumnya, Bangkok juga dalam peringatan level tinggi untuk banjir besar [baca: Bangkok Terancam Banjir Besar]. 
 
Negara tetangga Kamboja juga ikut dilanda banjir. Tujuh belas dari 23 provinsi negara itu telah terendam air dan lebih dari 240 orang tewas. Beberapa penduduk di ibu kota Phnom Penh melarikan diri dari rumah mereka yang kebanjiran dengan perahu.
 
Banjir juga sudah menewaskan lebih dari 20 orang di Vietnam dan Laos. Dikhawatirkan juga kerusakan akibat banjir ini dapat menyebar ke kawasan lain, dikarenakan hujan lebat diperkirakan akan turun di bagian Asia Tenggara hingga akhir Oktober.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini