Sukses

Sri Sultan Nikahkan Langsung Putrinya

Sultan Hamengkubuwono X menikahkan langsung putri bungsunya, GKR Bendara dengan pria pilihannya, KPH Yudanegara. Pernikahan dilakukan di Masjid Panepen, lingkungan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Selasa (18/10) pagi.

Liputan6.com, Yogyakarta: Sultan Hamengkubuwono X menikahkan langsung putri bungsunya, GKR Bendara dengan pria pilihannya, KPH Yudanegara. Pernikahan dilakukan di Masjid Panepen, lingkungan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Selasa (18/10) pagi.
 
Sultan terlebih  dahulu tiba di masjid. Tidak lama berselang, rombongan pengantin pria, KPH Yudanegara datang dari Bangsal Srimanganti. Pangeran masuk dengan cara jalan berjongkok dan langsung memberi hormat kepada Sultan, calon mertuanya.
 
Dalam acara ini, KPH Yudanegara mengenakan pakaian berwarna putih dan kain bawahan berwarna gelap. Dia duduk berhadapan di depan Sultan yang mengenakan pakaian berwarna hijau.
 
Sebelum ijab qabul, terlebih dahulu dibacakan ayat suci Alquran. Sesuai tradisi, ijab qabul di lingkungan Keraton dilakukan dalam bahasa Jawa. Kendati bukan berasal dari Jawa, KPH Yudanegara atau Achmad Ubaidillah sudah belajar mengucapkan ijab qabul dalam bahasa Jawa sejak beberapa waktu lalu.
 
Prosesi pernikahan berlangsung khidmat. Sambil memegang telapak tangan calon menantunya, Sultan menikahkan putrinya. Ucapan Sultan langsung dijawab oleh KPH Yudanegara dengan lancar. Setelah ijab qabul, prosesi pernikahan dilanjutkan dengan membaca doa. Hingga saat ini, KPH Yudanegara belum bertemu dengan istrinya, GKR Bendara.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.