Sukses

Ancaman Radiasi Hantui Tokyo dan Chiba

Ancaman radiasi kembali menghantui Tokyo dan prefektur Chiba, Jepang. Tingkat radiasi di dua wilayah ini melebihi prefektur Fukushima. Asal pencemaran radiasi ini belum diketahui dan masih menjadi kajian para ahli.

Liputan6.com, Tokyo: Ancaman radiasi kembali menghantui Tokyo dan prefektur Chiba, Jepang. Ditemukan tingkat radiasi di dua wilayah ini melebihi yang ada di prefektur Fukushima, yang menjadi rumah dari PLTN bermasalah juga sumber dari pencemaran radiasi, Kamis (13/10).

Area sepanjang Setagya Ward, Tokyo, yang sering menjadi tempat lalu-lalang anak-anak sekolah dasar, ditemukan memiliki radiasi udara berukuran 3,35 microsieverts per jam. Sedangkan udara di taman hiburan anak-anak di distrik Funabashi juga positif tercemar radiasi berukuran 5,82 microsieverts per jam.

Kedua tempat itu kini telah ditutup untuk umum. Pemerintah juga telah mengimbau warga di sekitar wilayah tersebut untuk tidak menggunakan air tanah. Belum diketahui apakah pencemaran radiasi ini diakibatkan oleh PLTN Fukushima yang kini masih bermasalah. Sekelompok ahli kini tengah mengadakan penyelidikan lebih lanjut akan kasus ini. (Xinhua/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.