Sukses

TNI AU Dihadiahi F-16 dari AS

Dalam perayaan HUT TNI ke-66, TNI Angkatan Udara mendapat kado 24 unit pesawat tempur F-16 secara cuma-cuma dari Amerika serikat. Dengan adanya penambahan pesawat tempur jenis F-16, maka TNI AU akan memiliki satu squadron tambahan.

Liputan6.com, Jakarta: TNI Angkatan Udara mendapat kado 24 unit pesawat tempur jenis F-16 dalam perayaan Hari Ulang Tahun TNI ke-66. Pesawat tersebut didapat secara cuma-cuma dari Amerika Serikat. "Kami mendapatkan pesawat F-16 tempur dari Amerika Serikat (AS) secara grant," tutur Wakil Menteri Pertahanan, Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, kepada wartawan usai mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Gedung MPR/DPR, Senayan, jakarta, Rabu (5/10).

Namun, Sjafrie tidak ingin penyebutan grant diartikan sebagai hibah. "Grant dalam arti ini bukan hibah lho ya tapi pemberian cuma-cuma. Jadi jangan ditafsirkan hibah karena nanti pemahamannya berbeda," ucapnya.

Dengan adanya penambahan pesawat tempur jenis F-16, maka TNI AU akan memiliki satu squadron tambahan. Dan penambahan pesawat F-16 akan menambah koleksi pesawat tempur TNI sebanyak 34 pesawat. Selain penambahan satu squadron pesawat tempur, penambahan lain, yakni satu pesawat angkut yang nantinya juga akan ditambah dengan meningkatnya anggaran Alutsista untuk TNI.(BJK/BOG)
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.