Sukses

Kotak Hitam Pesawat Cassa Disalin KNKT

Kotak hitam berisi rekaman pembicaraan dalam kokpit pesawat Cassa 212-200 Nusantara Buana Air yang jatuh pekan lalu, dibuka dan disalin isinya di kantor KNKT.

Liputan6.com, Jakarta: Kotak hitam berisi rekaman pembicaraan dalam kokpit pesawat Cassa 212-200 Nusantara Buana Air yang jatuh pekan lalu, dibuka dan disalin isinya di kantor Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Jakarta, Selasa (4/10). Hingga kini, Tim Investigasi KNKT masih terus mengumpulkan data lapangan di tempat jatuhnya pesawat.

Seperti pesawat perintis lain, pesawat Cassa 212-200 hanya memiliki satu kotak hitam, yang merekam pembicaraan dalam kokpit saja. Pesawat tak memiliki kotak hitam yang merekam data teknis penerbangan terakhir pesawat tersebut.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi menegaskan evaluasi terhadap keselamatan penerbangan perintis akan dilakukan dengan menambah perangkat navigasi satelit dan peralatan telekomunikasi yang lebih baik. Tapi yang tak kalah penting, ketegasan dan independensi pilot,agar keselamatan menjadi tujuan utama dalam penerbangan perintis.

Kotak hitam berisi rekaman pembicaraan dalam kokpit pesawat Cassa 212-200 Nusantara Buana Air akan menjadi salah satu bukti kunci. Dari sana diharapkan bisa mengungkap apa yang terjadi sesaat sebelum kecelakaan terjadi.

Pesawat Cassa 212-200 jatuh saat menempuh perjalanan dari Medan, Sumut, menuju Kutacane, Aceh Tenggara. Dalam kecelakaan tersebut, 18 orang meninggal dunia, di antaranya empat awak pesawat dan 14 penumpang.(ASW/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.