Sukses

Badai Haitang Terjang Vietnam Tengah

Kawasan Provinsi Vietnam tengah dihantam badai tropis Haitang. Badai disebabkan hujan deras di provinsi-provinsi tengah Nghe An dan Quang Nam yang berada di Dataran Tinggi Tengah.

Liputan6.com, Hanoi: Badai Tropis Haitang telah menghantam kawasan Provinsi Vietnam tengah, Selasa (27/9) sore waktu setempat. Badai itu juga dilaporkan bergerak menuju negara tetangga Laos. Demikian dilaporkan Pusat Peramalan Hidrometeorologi Vietnam.

Laman Xinhua mewartakan, badai itu terbentuk disebabkan hujan deras di provinsi-provinsi tengah Nghe An dan Quang Nam yang berada di Dataran Tinggi Tengah. Tinggi air di sungai-sungai seperti Kien Giang, Bo dan Huong melonjak tinggi ke tingkat darurat.

Situs berita online lokal VNExpress juga melaporkan bahwa hujan deras membanjiri banyak jalan dan merobohkan pohon di pusat Provinsi Quang Tri, serta banyak rumah mengalami kerusakan di kabupaten Vinh Linh. Di kawasan dataran rendah Kota Hue juga dilanda kebanjiran, yang membuat warga lokal terisolasi dan terpaksa menggunakan perahu untuk transportasi.

Menurut laporan terbaru dari Komite Pusat untuk Pengendalian Badai dan Banjir (CCSFC), seorang pria 31 tahun dari Provinsi Phu Yen tewas seketika pada Senin pagi waktu setempat ketika ia terjatuh ke laut dari kapal nelayan, yang tersapu gelombang laut.

Sementara itu, CCSFC memperingatkan warga setempat dari badai super Nesat, yang diperkirakan kemungkinan pindah dari Filipina kemudian menghantam Vietnam utara. Tak hanya itu, badai itu juga akan mengakibatkan hujan lebat di ibukota Hanoi dan provinsi utara lainnya pada Jumat pekan ini.(IAN/JAY)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.