Sukses

Jelang Ramadan, 121 Tewas di Suriah

Dalam upaya pembubaran massa, pasukan militer Suriah kembali melawan para demonstran. Bentrokan itu dilaporkan menewaskan sedikitnya 121 orang.

Liputan6.com, Damaskus: Dalam upaya pembubaran massa, pasukan militer Suriah kembali melawan para demonstran yang meneriakkan desakan mundur pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Bentrokan itu dilaporkan menewaskan sedikitnya 121 orang. Demikian dilaporkan NHK, Senin (1/8).
 
Tank-tank militer dan tentara dikerahkan ke pusat Kota Hama pada Ahad kemarin untuk membombardir kawasan perumahan dan penembakan terhadap warga sipil. Sebuah organisasi hak asasi manusia Suriah juga mengatakan 95 orang telah tewas. Di kota timur Deir el-Zour, tentara dan pasukan keamanan melepaskan tembakan dan menewaskan sedikitnya 13 orang. Jumlah korban tewas di negara itu diperkirakan akan meningkat.
 
Bulan suci Ramadan dimulai serentak Senin ini di seluruh dunia. Selama Ramadan, umat Islam berduyun-duyun ke masjid untuk berdoa dan melakukan kewajiban puasa setiap harinya dari fajar ke senja. Pertemuan-pertemuan di masjid tampaknya akan digunakan untuk merencanakan aksi protes. Menurut organisasi HAM itu, pihak berwenang tengah menyiapkan perlawanan agresif untuk mencegah demonstrasi selama bulan suci.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.