Sukses

Polisi Siapkan Tes Kejiwaan untuk Breivik

Pihak kepolisian Norwegia berencana melakukan tes kejiwaan pada tersangka Anders Behring Breivik. Ia ditangkap atas serangan kembar Jumat pekan lalu dan menewaskan 76 orang.

Liputan6.com, Oslo: Pihak kepolisian Norwegia berencana melakukan tes kejiwaan pada tersangka Anders Behring Breivik. Ia ditangkap atas serangan kembar Jumat pekan lalu dan menewaskan 76 orang.

Demikian yang dilaporkan situs NHK, Rabu (27/7).

Menurut polisi, pihaknya akan memilih dokter dalam beberapa hari ke depan untuk melakukan tes tersebut dalam menentukan apakah Breivik sehat secara mental untuk menjalani tanggung jawab pidana.

Pengacara Breivik mengatakan kepada wartawan, Selasa lalu, kliennya itu sudah mengakui melakukan pemboman di Oslo dan penembakan di sebuah kamp pemuda Partai Buruh berkuasa di Pulau Utoeya. Menurut pengacaranya, Breivik melakukan aksinya itu dengan motif untuk menyelamatkan Eropa dari pengambilalihan Muslim dan memberi pelajaran kepada partai tersebut.

Pengacara itu juga mengutip Breivik yang mengatakan, ia akan melihat dirinya sebagai pejuang pertempuran dunia Barat yang berlangsung terus-menerus dan tindakannya itu akan dihargai setelah periode 60 tahun kedepan. Breivik juga mengaku memiliki kaki tangan, tetapi polisi tidak yakin karena pernyataannya itu dianggap kurang konsistensi. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.