Sukses

Menhub: Jangan Sampai Ada Pemogokan

Menhub Freddy Numberi memerintahkan PT Garuda Indonesia secepatnya menyelesaikan kasus kesenjangan gaji antara pilot lokal dan pilot asing. Freddy berharap jangan sampai ada pemogokan pilot Garuda, Kamis lusa.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Perhubungan Freddy Numberi memerintahkan PT Garuda Indonesia segera menyelesaikan kasus kesenjangan gaji antara pilot lokal dan pilot asing. Permintaan ini terkait rencana mogok kerja pilot dan awak kabin Garuda, Kamis lusa. "Jangan sampai ada pemogokan sehingga menghambat penerbangan nasional," kata Freddy di Jakarta, Selasa (26/7).

Freedy menambahkan, pihaknya juga telah meminta PT Garuda Indonesia dan Kementerian BUMN untuk duduk bersama dengan Asosiasi Pilot Garuda. Hal senada juga disuarakan para pilot senior Garuda. "Tolong duduk sama-sama dengan pilot, selesaikan dengan kepala dingin, jangan bertele-tele," ucap M Napitupulu, pilot senior Garuda.

Saat ini, Garuda memiliki 860 pilot, 43 di antaranya pilot asing dengan status kontrak atau perjanjian kerja waktu tertentu. Dari catatan Asosiasi Pilot Garuda, total gaji pilot lokal per bulan hanya sekitar Rp 43 juta. Sementara gaji pilot asing mencapai Rp 87,7 juta per bulan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.