Sukses

Pemerintah Usahakan Stabilkan Harga Beras

Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, melakukan operasi di Pasar Induk Cipinang dan menegaskan akan berusaha menstabilkan harga beras.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah mulai mengelar operasi pasar beras di wilayah Jabodetabek untuk mengatasi lonjakan harga yang terjadi. Kali ini Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, melakukan operasi di Pasar Induk Cipinang dan ia menegaskan akan berusaha menstabilkan harga beras.

Dari hasil operasi pasar, sebelumnya harga beras kualitas medium mencapai Rp 7.00. Kamis (7/7) pemerintah mengupayakan harga beras di pasar induk harus lebih murah Rp 500 dari harga pasar, yakni Rp 6.300.

"Yang kita lakukan sekarang lebih kepada menstabilkan harga karena dalam dua minggu terakhir ini memang ada kenaikan harga. Memang musiman setiap tahun harga naik, namun kita menjaga supaya kenaikan tidak melebihi yang biasanya terjadi karena faktor musiman," ujarnya.

Pedagang menyatakan, meski harga melonjak, permintaan beras dalam sebulan terakhir tetap tinggi yakni sekitar 2.500 ton beras per hari. Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu memastikan, stok beras hingga lebaran nanti masih aman dan akan terus melakukan operasi pasar untuk mengantisipasi permainan harga beras dari para pedagang.

"Dari stok beras tidak harus ada kekhawatiran bahwa tidak cukup, lebih dari cukup untuk persiapan puasa maupun Lebaran," katanya.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.