Sukses

Belum Diketahui, Penyebab Jatuhnya Pesawat MAS

Pihak berwenang belum mengetahui penyebab jatuhnya pesawat milik peserta pameran dirgantara Minang Aerosport Show (MAS) asal Malaysia.

Liputan6.com, Padang: Pihak berwenang belum mengetahui penyebab jatuhnya pesawat milik peserta pameran dirgantara Minang Aerosport Show (MAS) asal Malaysia. "Pesawat jatuh ketika aerobatik. Pihak TNI AU dan kepolisian sedang melakukan penyelidikan," kata Danlanud Tabing Kota Padang Letkol PNB Awang Kurniawan di Padang, Sumatra Barat, Kamis (23/6).

Menurut Awang, serpihan pesawat yang jatuh telah dievakuasi petugas dan saat ini berada di Lapangan Udara Tabing Padang. "Jatuhnya pesawat jenis `Christien Eagle` dengan nomor N 21 H itu telah menewaskan pilotnya. Untung saat kejadian jatuhnya pesawat peserta MAS tersebut, warga tidak sedang melintasi jalan," katanya.

Dikatakan Awang, jenazah pilot masih berada di kamar mayat Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Jamil Padang, untuk menunggu proses pemulangan ke Malaysia. Pihak TNI AU sudah menghubungi Komjen Malaysia di Medan, untuk proses pemulangan jenazah pilot.

Komjen Malaysia belum memberikan konfirmasi kapan jenazah korban akan dipulangkan, namun TNI-AU siap membantu. "Semua biaya akibat kejadian tersebut akan ditanggung sepenuhnya dari pihak TNI AU, termasuk pemulangan jenazah hingga ke Malaysia," katanya.

TNI AU juga sudah menyiapkan pesawat CN 235 dari Skuadron Udara II Halim Perdana Kusuma, untuk membawa jenazah korban ke Malaysia.(Ant/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.