Sukses

Robot Peneliti Dikirim ke PLTN Fukushima

Sebuah robot buatan Jepang yang akan digunakan di PLTN Fukushima Daiichi telah diangkut menggunakan truk pada Senin (20/6) kemarin.

Liputan6.com, Tokyo: Sebuah robot buatan Jepang yang akan digunakan di PLTN Fukushima Daiichi telah diangkut menggunakan truk menuju lokasi tersebut pada Senin (20/6). Robot itu merupakan robot Jepang pertama yang akan digunakan di PLTN tersebut sejak krisis nuklir berawal Maret lalu.

Seperti dilansir NHK, para peneliti dari Institut Teknologi Chiba, Universitas Tohoku dan lembaga lainnya mengembangkan dan memodifikasi robot tersebut untuk digunakan di dalam gedung-gedung reaktor dengan tingkat radiasi yang masih tinggi.

Robot itu dilengkapi peralatan untuk mengukur dan mengumpulkan air yang mengandung radioaktif. Robot tersebut juga dilengkapi dengan roda ban berjalan yang memudahkannya bergerak bebas melewati puing-puing dan naik-turun tangga.

Para pekerja Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo, TEPCO, juga sudah dilatih untuk mengoperasikan robot itu. Mereka terlebih dulu akan menguji coba robot itu di reaktor nomor lima. Menurut Eiji Koyanagi dari Institut Teknologi Chiba, robot tersebut juga bisa dikontrol melalui remote khusus, sehingga para pekerja bisa mengumpulkan informasi dari batasan jarak aman hamparan radiasi. (JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.