Sukses

"Panji Gumilang Presiden NII"

Meski mengatasnamakan Islam, menurut Bachtiar, NII justru tidak menjalankan ajaran Islam dengan benar. Bahkan, para pengikutnya diminta mengumpulkan sejumlah dana dengan cara apa pun.

Liputan6.com, Jakarta: Pemimpin tertinggi atau presiden dalam Negara Islam  Indonesia (NII) disebut sebagai khalifah atau Imam. Saat ini khalifah NII dipegang oleh Panji Gumilang, pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa  Barat. Demikian disampaikan mantan anggota NII Bachtiar Rivai saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (28/4).

"Semua anggota (NII) tahu, pemimpin NII gadungan ini pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang atau Abdussalam atau Syamsul Alam," ujar Bachtiar Rivai.

Meski mengatasnamakan Islam, menurut Bachtiar, NII justru tidak menjalankan ajaran Islam dengan benar. Bahkan, para pengikutnya diminta mengumpulkan sejumlah dana dengan cara apa pun berdalih sedekah.

"Pengumpulan dana menggunakan cara apa pun, bahkan meski bertentangan dengan Syariat Islam, seperti mencuri atau menipu," ujar Bachtiar yang juga pernah  menjabat sebagai Camat di NII.

Jadi konsekuensinya, kata Bachtiar, anggota NII harus membiayai aparat negaranya dengan cara apa  pun. Sebab Selain presiden, NII juga memiliki sejumlah kementerian, gubernur, bupati, camat, lurah, hingga ketua RW dan ketua RT yang harus digaji.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.