Sukses

Gayus-Susno Bersaing, Cut Tari Paling "Disuka"

Tujuh tokoh yang mendominasi pemberitaan sepanjang 2010 kami tampilkan dalam Catatan Akhir Tahun. Kami juga menyajikan tujuh video para tokoh yang paling kerap disaksikan di Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta: Seperti galibnya setiap menjelang akhir tahun, Liputan6.com pun mencoba menampilkan tokoh-tokoh paling kerap disorot kamera televisi yang kemudian ditayangkan di program Liputan 6 SCTV. Banyak peristiwa, nama, dan sosok yang bermunculan sepanjang 2010, sehingga membuat tahun yang akan segera kita tinggalkan tak mudah untuk dilupakan.

Tidak semua nama yang mendominasi pemberitaan di tahun ini bernada positif. Sebagian di antara nama-nama yang muncul menjadi populer karena dugaan berperilaku negatif. Lihat saja vokalis grup band Peterpan, Nazril Irham. Pamor besar yang dia usung lewat talenta bermusik, tiba-tiba saja jatuh ke titik nadir ketika video mesum mirip dirinya beredar luas di masyarakat.   

Contoh lainnya adalah Komisaris Jenderal Polisi Susno Duadji. Ketika tengah memegang jabatan bergengsi sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, tuduhan beruntun datang menerpa. Mulai dari dugaan mengacak-acak Komisi Pemberantasan Korupsi hingga terlibat korupsi. Kini, sang jenderal berada dalam tahanan sembari menunggu vonis hakim dijatuhkan.

Selain itu, beberapa nama dalam daftar menjadi makin terkenal lantaran tangisan. Misalnya mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menangis saat menyampaikan pidato perpisahan sebelum berangkat ke Washington, Amerika Serikat. Demikian pula dengan Gayus Tambunan, pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang bersedu-sedan di depan persidangan. Tangisan yang tak kalah menggetarkan disuarakan artis Cut Tari ketika meminta maaf atas beredarnya video mesum dirinya dengan Ariel "Peterpan".

Secara keseluruhan, nama-nama yang masuk daftar tahun ini versi Liputan6 cukup beragam dilihat dari usia, profesi, dan latar belakang. Daftar Person of the Year 2010 ini kami pilah menjadi dua bagian. Pertama, tokoh yang paling kerap tampil atau ditayangkan beritanya di program Liputan6. Kedua, tokoh yang video beritanya paling banyak diklik atau ditonton oleh pengunjung Liputan6.com. Untuk selanjutnya, inilah tujuh tokoh dan video yang menyita perhatian publik sepanjang 2010 versi Liputan6.com.


Person of the Year: News


Barack Obama

Presiden Amerika Serikat Barack Obama berada di posisi paling buncit dari daftar tokoh tahun ini. Rencana kunjungan ke Indonesia yang sempat tertunda dua kali dan akhirnya terwujud pada awal November silam bisa dikatakan lumayan berhasil. Meski ekspektasi masyarakat untuk menyambut Obama tidak sebesar rencana kedatangannya yang pertama, diplomasi ala Obama tetap dinilai sukses.

Sepanjang tahun ini, berita tentang Obama dan kedatangannya di Indonesia ditayangkan sebanyak 36 kali di program berita Liputan6. Dari sisi jumlah berita memang tidak terlalu banyak dibandingkan dengan kandidat tokoh lainnya, tapi dari sisi pengunjung website Liputan6.com yang mengklik berita Obama, jumlahnya cukup mencengangkan. Hampir seluruh video tentang Obama mendapat apresisasi yang lumayan besar.


Aburizal Bakrie


Ketua Umum Partai Golkar ini lumayan kerap menjadi bahan perbincangan pada 2010. Di awal tahun, nama Ical santer menjadi perbincangan saat Panitia Khusus Bank Century DPR bekerja. Kabar ketidakharmonisan dia dengan Menteri Keuangan ketika itu, Sri Mulyani Indrawati, disebut-sebut sebagai penyebab terdepaknya Ani dari kursi kabinet. Namun, Ical tegas membantah semua itu.

Kabar lainnya muncul di penghujung tahun ini. Ical tiba-tiba disebutkan bertemu dengan Gayus Tambunan, terdakwa kasus suap mafia pajak. Lagi-lagi Ical membantahnya. Tak sampai di situ, mantan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat ini bahkan melaporkan sejumlah media massa ke Dewan Pers karena dinilai telah memberitakan kabar bohong. Sepanjang 2010, program Liputan6 menayangkan 38 berita yang terkait dengan Aburizal Bakrie.


Sri Mulyani Indrawati


Nama Menteri Keuangan pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid 1 dan 2 ini menjadi perbincangan tatkala skandal Bank Century menyeruak ke publik. Bersama wakil Presiden Boediono yang ketika itu menjabat Gubernur Bank Indonesia, Ani dinilai paling bertanggung jawab atas digelontorkannya dana Rp 6,7 triliun kepada bank yang tengah kolaps itu. Tapi, wanita kelahiran Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962 ini tetap tegas saat harus berhadapan dengan Pansus DPR.

Namun, cerita berkata lain. Belum lagi skandal Bank Century berakhir, Ani memutuskan untuk menerima pinangan Bank Dunia. Mulai 1 Juni 2010, dia pun berkantor di Washington DC, Amerika Serikat, sebagai satu dari sejumlah Direktur Pelaksana Bank Dunia. Meski sudah tak berada di Indonesia, Menteri Keuangan terbaik Asia 2006 menurut Emerging Markets dan Wanita Paling Berpengaruh ke-23 di Dunia versi Majalah Forbes 2008 ini tetap memiliki banyak penyokong di Tanah Air. Sepanjang 2010, sebanyak 65 berita tentang dirinya ditayangkan program Liputan6.


Nazril Irham


Karier cemerlang, jutaan fans, konser tanpa jeda, dan pundi-pundi uang yang terus menggelembung, tiba-tiba saja berubah menjadi mimpi buruk bagi seorang Nazril Irham. Vokalis grup Peterpan yang akrab disapa Ariel ini jatuh dan terperosok dari ranjang empuk ke sel penjara. Semuanya bermula ketika publik dikagetkan dengan beredarnya dua video mesum dengan pelaku mirip dirinya serta artis Luna Maya dan Cut Tari. Meski tak mengaku, Ariel sulit untuk membuktikan kebenaran versi dirinya.

Kini, pria kelahiran Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatra Utara, 16 September 1981 ini tengah menjalani sidang panjang kasus penyebaran video mesum itu. Banyak kontroversi dalam kasus ini dan tak sedikit pula energi yang tumpah dari pihak luar selama persidangan. Satu hal yang pasti, publik akan melihat Ariel dengan cara berbeda antara 2010 dan 2011, apa pun vonis yang dijatuhkan hakim. Ada 105 berita seputar Ariel, Luna Maya, dan Cut Tari dalam kasus ini yang ditayangkan Liputan6 sepanjang 2010.


Susno Duadji


Meski memiliki jabatan cukup tinggi di korps baju cokelat, Komisaris Jenderal Polisi Susno Duadji sebenarnya tidak begitu banyak dikenal oleh publik. Namun, rentetan peristiwa yang menyertai perjalanan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini membuat semuanya berubah. Berawal dari kasus dugaan suap terhadap dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang disertai dengan penahanan. Publik pun menuding polisi menahan keduanya tanpa bukti cukup. Chandra M. Hamzah dan Bibit Samad Rianto dibebaskan, sedang Susno makin tersudut.

Tidak cukup sampai di situ, mantan Kapolda Jawa Barat ini kemudian membuka adanya mafia hukum di tubuh aparat penegak hukum, termasuk di kepolisian. Bukannya mendapat pembelaan, pria berusia 56 tahun ini kemudian ikut menjadi pihak yang diduga menerima suap. Ketika perwira-perwira tinggi polisi yang disebutkan Susno tetap melenggang bebas, mantan Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan ini justru ditahan. Persidangan kasus Susno masih berjalan. Dari kedua kasus itu saja, sudah 156 berita tentang Susno yang ditayangkan Liputan6 sepanjang 2010. Susno pun masuk tiga besar tokoh yang paling kerap diberitakan Liputan6 tahun ini.


Gayus Halomoan Tambunan


Berusia muda, pegawai dengan pangkat golongan III-A, dan menjadi penelaah keberatan pajak (banding) perorangan dan badan hukum di Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan, sepak terjang Gayus Halomoan Tambunan sungguh fenomenal. Meski tak memiliki pangkat tinggi, uang di rekeningnya berisi puluhan miliar rupiah. Rumahnya juga mentereng, bukan rumah pegawai negeri biasa kebanyakan. Dengan uang itu pula Gayus diduga bisa menelikung hukum dan memperdaya aparat penegak hukum, mulai dari polisi, jaksa, hingga hakim yang menyidangkan perkaranya.

Mungkin karena belum "profesional", aksi Gayus pun dengan mudah ditelisik. Dia kemudian menjadi pesakitan setelah dijemput ke Singapura. Satu per satu nama aparat penegak hukum diseretnya ke meja hijau, di saat dia sendiri kini juga tengah menjalani persidangan. Hebatnya lagi, meski sudah dibui, Gayus tetap bisa bebas keluar masuk tahanan karena kekuatan fulus yang dia punya. Agaknya aparat penegak hukum "lupa" memblokir rekening Gayus. Dengan liku-liku petualangannya, tak heran sosok Gayus mendapat perhatian lebih dari media. Liputan6 sendiri telah menayangkan berita sepak terjang Gayus sebanyak 175 kali. Gayus ada di nomor dua daftar ini.


Susilo Bambang Yudhoyono


Tak aneh jika setiap gerak-gerik Susilo Bambang Yudhoyono tak pernah lepas dari radar kamera media. Sebagai seorang presiden, apa pun yang dia lakukan bisa menjadi berita. Baik itu sekadar acara seremonial atau tengah bermain pingpong di halaman belakang Istana Merdeka, tetap bisa dirangkai menjadi cerita menarik. Jadi, tak heran jika Presiden SBY mendominasi pemberitaan sepanjang tahun ini. Tercatat 235 berita dari aktivitas atau sekadar komentar beliau telah ditayangkan Liputan6 sepanjang tahun ini.


Person of the Year: Video


Sri Mulyani Berangkat ke AS


Di urutan paling bawah dari video para tokoh yang diklik dan ditonton para pengunjung website Liputan6.com adalah Sri Mulyani. Dari seluruh rangkaian video tentang dirinya sepanjang tahun ini, yang paling banyak diklik pengunjung adalah saat Ani akan berangkat ke Amerika Serikat untuk menjalani tugas barunya di Bank Dunia. Berita ini ditayangkan pada 26 Mei 2010 dan videonya diklik 117 kali.


Ical Bantah Bertemu Gayus


Di atas Ani ada Aburizal Bakrie. Meski sering dikaitkan dalam hal perseteruannya dengan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, ternyata berita Ical yang disukai pengunjung website ini bukan itu. Ical masuk dalam daftar ini karena membantah bertemu Gayus Tambunan di Bali. Berita yang ditayangkan Liputan6 pada 20 November 2010 ini, videonya sudah diklik 827 kali.


Sidang Susno Duadji Dijaga Ketat


Sidang kasus korupsi dengan terdakwa Susno Duadji agaknya cukup menyita perhatian publik. Banyak drama, rahasia, dan informasi yang terungkap selama persidangan, sehingga pengacara terdakwa dan jaksa terus mencari jalan untuk memperkuat argumen mereka di depan majelis hakim. Dan, berita tentang persidangan Susno yang ditayangkan Liputan6 pada 29 September 2010, videonya telah dikunjungi 1.608 kali.


Gayus Akui Terima Uang dari Bakrie


Persidangan kasus mafia pajak yang mendudukkan Gayus Tambunan sebagai terdakwa adalah satu dari sejumlah persidangan yang dinanti banyak pihak. Seluk beluk kiat Gayus memasok uang ke rekeningnya serta "membeli" hukum, merupakan kisah yang dinanti pengunjung sidang. Termasuk ketika dalam persidangan pada 28 September 2010 di PN Jakarta Selatan, Gayus mengaku menerima uang dari Grup Bakrie. Video berita ini telah diklik 1.970 kali.


SBY Minta Polri Tindak Kasus Video Mesum


Banyak hal yang ditanggapi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sepanjang tahun ini. Mulai dari tabung elpiji yang suka meledak, perombakan kabinet, sampai RUU Keistimewaan Yogyakarta. Namun, yang paling menyita perhatian ternyata komentar Presiden SBY atas beredarnya video mesum dengan pelaku mirip Ariel "Peterpan", artis Luna Maya dan Cut Tari. Berita yang ditayangkan pada 18 Juni 2010 ini, videonya telah diklik 5.303 kali.


Bakso dan Nasi Goreng, Menu Makan Malam Obama


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono boleh menang dalam urusan jumlah berita yang ditayangkan oleh Liputan6. Tapi, untuk jumlah kekerapan videonya diklik pengunjung, Presiden Barack Obama berada di atas Presiden SBY. Rangkaian video panjang yang menayangkan acara makan malam di Istana Merdeka saat menjamu Obama dan istrinya Michelle agaknya sangat disukai. Cara Obama mengucapkan bakso, emping, dan kerupuk, agaknya telah menawan banyak pemirsa. Untuk itu, tayangan pada 9 November 2010 tersebut telah diklik pengunjung Liputan6.com sebanyak 7.719 kali.


Cut Tari Minta Maaf


Pemuncak untuk video tokoh yang paling banyak dilihat sepanjang tahun ini ternyata bukan dari kalangan politisi atau pejabat negara. Berita tentang video mesum tiga artis terkenal telah menyita energi publik. Buktinya, video yang menayangkan permintaan maaf artis Cut Tari sambil berurai air mata telah memuncaki "Person of the Year: Video" ini. Berita yang ditayangkan pada 8 Juli 2010 itu telah diklik pengunjung Liputan6.com sebanyak 11.130 kali.


Banyak sudah berita diproduksi dan ditayangkan serta kemudian disajikan di Liputan6.com. Namun, semuanya terserah kepada Anda untuk menilainya, apakah berita itu bermanfaat atau tidak. Kami hanya menyajikan peristiwa yang terjadi apa adanya. Bisa jadi pula, nominasi tokoh yang kami tampilkan tidak Anda sepakati dan itu sesuatu yang lumrah. Namun, kami yakin kita sepakat bahwa di 2011 mestinya bangsa ini makin dewasa dan tak lagi tersandung oleh masalah yang sama dari tahun ke tahun. Selamat Tahun Baru 2011!(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini