Sukses

Basrief Arief Dilantik Jadi Jaksa Agung

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Basrief Arief sebagai Jaksa Agung menggantikan Hendarman Supandji. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/11)

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Basrief Arief sebagai Jaksa Agung menggantikan Hendarman Supandji. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/11) pada pukul 15.00 WIB, dihadiri oleh seluruh anggota Kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pimpinan lembaga negara.

Hadir antara lain Ketua Komisi Yudisial nonaktif yang telah terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin A Tumpa, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua MPR Taufik Kiemas, dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman.

Basrief diangkat sebagai Jaksa Agung melalui Keputusan Presiden Nomor 127/P/2010 tertanggal 25 November 2010. Basrief yang telah memasuki masa pensiun itu terakhir kali menjabat Wakil Jaksa Agung pada periode 2005-2007.

Sebelumnya, pria kelahiran Tanjung Enim, Sumatera Selatan, 23 Januari 1947 itu pernah menjabat Jaksa Agung Muda Intelijen pada 2001 hingga 2005.Basrief juga pernah menjabat Ketua Tim Terpadu Pencari Pidana dan Tersangka Perkara Tindak Pidana Korupsi. Selepas pensiun pada 2007, Basrief berprofesi sebagai senior manager partners pada kantor konsultan hukum dan investasi SH&R. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini