Sukses

Puluhan Pengungsi Sinabung Sakit

Puluhan warga Kabupaten Tanah Karo hidup dalam keprihatinan pasca-meletusnya Gunung Sinabung.

Liputan6.com, Medan: Puluhan warga Kabupaten Tanah Karo hidup dalam keprihatinan pasca-meletusnya Gunung Sinabung. Sebagian korban terjangkit berbagai penyakit seperti gangguan pernapasan, diare hingga pusing-pusing.

Puluhan korban kini harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabanjahe. Mereka menderita infeksi saluran pernapasan akut akibat debu vulkanik. Selain itu mereka juga terserang diare menyerang karena buruknya sanitasi di lokasi pengungsian. Pasien sebagian besar merupakan orang tua dan lansia.

Sejak Gunung Sinabung meletus, debu vulkanik menyelimuti rumah, jalan dan lahan pertanian. Debu yang bercampur partikel belerang ini cukup mengganggu aktivitas warga. Warga pun masih trauma akibat letusan yang terjadi berulang kali.warga trauma.

Di sejumlah posko penampungan pengungsi, pelayanan kesehatan tetap disiagakan. Persediaan obat-obatan hingga kini masih mencukupi. Namun pengungsi membutuhkan susu dan makanan untuk balita. Selama ini bantuan makanan yang disalurkan hanya untuk dikonsumsi orang dewasa. Padahal hampir di setiap tempat pengungsian terdapat balita. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini