Sukses

DPR Ulang Tahun, Kinerja Anggota Dipertanyakan

Kinerja DPR sebagai fungsi legislasi dan pengawasan masih mengecewakan. Dari 70 RUU yang diajukan pemerintah, baru enam yang disahkan menjadi UU.

Liputan6.com, Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat berulang tahun ke-65 pada Senin (30/8). Di usia yang tak lagi muda ini, kinerja DPR justru semakin tak memuaskan rakyat. Bahkan, tepat di hari ulang tahunnya, hanya 337 dari 560 anggota Dewan yang menghadiri Sidang Paripurna.

Dalam pidatonya, Ketua DPR Marzuki Alie juga menyoroti kinerja DPR sebagai fungsi legislasi dan pengawasan yang masih mengecewakan. Bahkan, hingga saat ini dari 70 rancangan undang-undang yang diajukan pemerintah, baru enam yang disahkan menjadi undang-undang. Ini belum termasuk kinerja komisi yang mengecewakan.

Kondisi seperti ini bukan kali ini saja terjadi. Sepanjang semester pertama 2010, minimnya tingkat kehadiran anggota Dewan selalu menjadi perbincangan masyarakat. "Tidak puas. Kerjanya cuma tidur dan sering bolos," ujar Iwan, warga Jakarta.

Ismail, warga Jakarta lain berharap, DPR harus segera memperbaiki diri. Sebab, jika tidak, masyarakat tidak lagi percaya dengan mereka.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.