Sukses

Syarif Hassan: Tidak Ada "Deal" Baru

Sekretaris Sekretariat Gabungan Koalisi Syarif Hassan mengatakan, tidak ada "deal" politik baru yang ditandatangani para ketua umum partai politik anggota koalisi pada saat pembentukan Sekretariat Gabungan Koalisi.

Liputan6.com, Jakarta: Sekretaris Sekretariat Gabungan Koalisi Syarif Hassan mengatakan, tidak ada deal politik baru yang ditandatangani para ketua umum partai politik anggota koalisi pada saat pembentukan Sekretariat Gabungan Koalisi, Kamis malam (6/5). "Yang ada redeal yang sudah ada," kata Syarif kepada pers di Jakarta, Jumat (7/5).

Syarif yang juga Menkop UKM ini duduk sebagai sekretaris di dalam forum tersebut, sementara Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua, dan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai Ketua Harian.

Enam partai tercatat kembali mengukuhkan diri ikut dalam Sekgab Koalisi tersebut. Keenam parpol itu adalah Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional.

Mengenai susunan kepengurusan itu, Syarif mengatakan, masuknya Aburizal Bakrie sebagai Ketua Harian karena posisi Partai Golkar yang menjadi pemenang kedua dalam Pemilu. Sedangkan Partai Demokrat yang memperoleh suara terbanyak memperoleh jatah sebagai Ketua dan Sekretaris. "Ini disepakati bersama," katanya.

Dengan terbentuknya Sekretariat Gabungan (Sekgab) Koalisi ini, ke depan dipastikan para partai koalisi akan memiliki kesamaan untuk hal-hal strategis. "Setiap persoalan harus ditentukan secara mendetil alasan teknisnya," kata Syarif.

Dengan demikian, lanjutnya, tidak ada lagi kasus-kasus perbedaan pendapat yang substansi seperti soal Bank Century. "Ini merupakan kebijakan politik yang inovatif. Sekgab bukan untuk mematikan semangat demokrasi karena proses check and balances tetap diutamakan," katanya.(ANT)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.