Sukses

Si "Anak Emas" Akan Pergi

Sri Mulyani disebut-sebut sebagai "anak emas" dalam kabinet Presiden Yudhoyono. Kini, ia bikin gebrakan dengan memilih bergabung dengan Bank Dunia.

Liputan6.com, Jakarta: Kabar mengejutkan datang dari Bank Dunia. Sri Mulyani diangkat sebagai managing director di organisasi tersebut. Kinerja sebagai Menteri Keuangan yang cukup handal menjadi salah satu alasan kuat terpilihnya Sri. Inilah keterangan yang dikutip dari Presiden Bank Dunia Robert Zoellick di situs resminya.

Sri Mulyani lahir 47 tahun silam. Bakat ekonom memang dimiliki wanita lulusan University of Illinois Amerika Serikat itu. Gebrakannya bergaung saat ia menjabat sebagai executive director dana moneter internasional (IMF) mewakili 12 negara Asia. Ibu tiga orang anak itu juga merupakan perempuan pertama dari Indonesia yang menduduki posisi bergengsi itu.

Beberapa kali Sri masuk dalam susunan kabinet negeri ini, mulai dari Menteri Negara Perencanaan Pembangunan hingga Menteri Keuangan. Prestasinya makin diakui ketika Emerging Markets menobatkannya sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia tahun 2006. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23  di dunia versi Majalah Forbes.

Meski banyak yang mengucapkan selamat, termasuk Presiden Yudhoyono, tapi tak sedikit pula yang mengecamnya sebagai orang yang lari dari tanggung jawab. Jika kebenaran ditegakkan, masyarakat akan tahu apakah Sri berdiri di jalur yang benar atau salah.(OMI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini