Sukses

Tim Sembilan Minta Pansus Panggil Semua Pejabat Terkait

Tim Sembilan meminta Pansus skandal Bank Century memanggil semua pejabat terkait kucuran dana Bank Century. Hal tersebut dibutuhkan untuk membuka skandal secara tuntas.

Liputan6.com, Jakarta: Tim Sembilan skandal Bank Century meminta Panitia Khusus (Pansus) tidak setengah-setengah dalam mengungkap skandal Bank Century. Untuk itu Tim Sembilan mendesak Pansus agar memanggil semua pejabat terkait aliran dana Bank Century.

Tak hanya Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Hadi Purnomo saja, anggota Tim Sembilan Maruara Sirait juga menyebutkan beberapa pejabat lain yang harus dipanggil untuk dimintai penjelasan seputar aliran dana Bank Century. Mereka adalah Wakil Presiden Boediono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Susno Duadji.

Sejauh ini, Pansus baru hanya akan memanggil Ketua BPK terkait laporan hasil audit Bank Century. Ketua Pansus Idrus Marham mengatakan pemanggilan pejabat baru akan diputuskan bila sudah ada data. Sementara, Pengamat Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin, Rabu (9/12) mengungkapkan, bola panas skandal Bank Century di Pansus Dewan Perwakilan Rakyat bisa berujung pada pemakzulan atau impeachment eksekutif dan pemecatan para pejabat terkait, termasuk para menteri.

Di lain pihak, pengamat politik Arbi Sanit pesimis Pansus DPR skandal Bank Century bisa membongkar skandal Bank Century karena para anggota DPR tergantung partai politik yang sudah terikat kontrak politik dengan kekuasaan. Pansus DPR akan menggelar rapat pleno pada Senin (14/12) mendatang, untuk membahas agenda Pansus termasuk pihak-pihak yang akan dipanggil. Selengkapnya, simak video berita ini.(BJK/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.