Sukses

Jelang Petang, Enam Calon Menteri Dipanggil

Menjelang petang, Presiden Yudhoyono sudah memanggil enam calon menteri. Purnomo Yusgiantoro yang tadinya menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral diprediksi menjabat Menteri Pertahanan dan Keamanan.

Liputan6.com, Bogor: Menjelang petang, Senin (19/10), sudah enam calon menteri yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat.

Calon menteri yang dipanggil adalah Marty Natalegawa, Purnomo Yusgiantoro, Armida Alisjahbana, Fadel Muhammad, Suswono, dan Freddy Numberi.

Dapat dipastikan, Purnomo Yusgiantoro bakal didaulat sebagai Menteri Pertahanan. "Saya diminta memerhatikan perjalanan reformasi TNI selama 10 tahun ini. Terutama terkait dengan netralitas, profesi, dan sistem kesejahteraan prajurit," ujarnya. Purnomo sendiri pernah menjadi wakil Lembaga Pertahanan Nasional.

Kandidat lain, Marty Natalegawa positif mengisi jabatan sebagai Menteri Luar Negeri. Fadel Muhammad yang mengisi jatah Partai Golkar sepertinya bakal mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan. Sementara Suswono dari PKS diprediksi duduk sebagai Menteri Pertanian. Pasalnya, ia mengaku diajak Presiden Yudhoyono berdiskusi masalah peningkatan produksi agrobisnis nasional.

Hingga kini, Armida Alisjahbana dan Freddy Numberi masih berada di dalam ruangan. Mereka belum memberikan keterangan mengenai posisi yang bakal dipercayakan oleh Presiden Yudhoyono. Simak keterangan para calon menteri dalam video berita berikut.(OMI/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini