Sukses

Politik Dinilai Bukan Hal Asing bagi Tommy

Putra mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra mencalonkan diri sebagai ketua umum Golkar. Jalur politik dinilai bukan hal asing bagi Tommy.

Liputan6.com, Jakarta: Bursa pemilihan ketua umum Partai Golongan Karya bakal memanas. Ini tak lain putra bungsu mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto mencalonkan diri sebagai ketua umum. Penentuan ketua umum baru akan diadakan pada Musyawarah Nasional (Munas) VII Partai Golkar di Pekanbaru, Riau, 4-7 Oktober nanti.

Ada beberapa faktor yang mendorong Tommy mencalonkan diri. Ia mengerti jalur militer, birokrasi, dan golongan di Golkar setelah bebas dari penjara. Terlebih, jalur politik bukan hal asing bagi Tommy.

Menurut salah seorang terdekatnya, Bramandaru, yang juga juru bicara Forum Pemersatu Anak Bangsa, Tommy merupakan sosok yang tepat bagi Golkar yang sedang terpuruk saat ini. Tommy dinilai bisa mengembalikan kejayaan Golkar karena masih punya popularitas di kalangan partai berlambang pohon beringin itu.

Sebelumnya sudah ada tiga nama yang menjadi calon ketua umum. Aburizal Bakrie, Surya Paloh, dan Yuddy Chrisnandi. Masing-masing calon mengklaim mendapat dukungan penuh untuk maju. Ketiganya juga telah berkampanye untuk memperoleh dukungan dari 515 Dewan Pimpinan Daerah I dan DPD II se-Indonesia.

Aburizal pernah mengklaim, menjadi calon terkuat. Ia menyatakan sudah mengantongi persetujuan tertulis dari sekitar 475 DPD di seluruh Indonesia, meskipun masih ada kemungkinan perubahan [baca: Pekanbaru Terpilih untuk Munas Golkar Oktober Nanti]. Lihat video berita ini selengkapnya.(AIS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini