Sukses

Austria dan Ceko Tarik Mentimun Spanyol

Pihak berwenang Austria dan Republik Ceko sudah menarik mentimun asal Spanyol karena kekhawatiran terkontaminasi E.coli.

Liputan6.com, Wina: Pihak berwenang Austria dan Republik Ceko sudah menarik mentimun asal Spanyol karena kekhawatiran terkontaminasi E.coli. Langkah tersebut diambil setelah tewasnya 10 orang di Jerman pascamenderita hemolytic-uremic syndrome, HUS, yang diakibatkan oleh timun yang diimpor dari Spanyol. Ratusan warga Jerman lainnya jatuh sakit akibat makan mentimun yang terkontaminasi itu.

Para pejabat di Ceko mengatakan bahwa mentimun tersebut kemungkinan juga diekspor ke Hungaria dan Luksemburg. Sementara Badan Kesehatan dan Keamanan Pangan Austria mengatakan sejumlah tomat dan terung juga masuk dalam larangan peredaran. Demikian dilansir BBC Indonesia, Senin (30/5).

Sementara juru bicara Uni Eropa mengatakan dua pertanian ruang kaca di Spanyol yang diidentifikasi sebagai sumber mentimun, sudah menghentikan kegiatannya. Penyelidikan sendiri tengah berlangsung untuk memastikan apakah kontaminasi terjadi di tempat itu atau di tempat lain.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa yang bermarkas di Swedia mengatakan wabah ini merupakan HUS terbesar yang pernah tercatat di Jerman. Kasus-kasus HUS juga dilaporkan ditemukan di Swedia, Denmark, Belanda, maupun Inggris. Helge Karch, dari Universitas Munster Jerman, memperingatkan bahwa penyebaran infeksi masih belum usai dan bisa terjadi infeksi sekunder dari orang ke orang.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.