Sukses

Gempa 7,9 SR Guncang Jepang, Tsunami Mengancam

Gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang Pulau Honshu, Jepang, Jumat (11/3) pukul 14.46 waktu setempat. Demikian dilaporkan Badan Meteorologi Jepang.

Liputan6.com, Tokyo: Gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang Pulau Honshu, Jepang, Jumat (11/3) pukul 14.46 waktu setempat. Demikian dilaporkan Badan Meteorologi Jepang.

Gempa berpusat di 382 kilometer timur laut Tokyo pada kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa terasa di hampir semua daerah di pantai pasifik Jepang, termasuk Tokyo dan Osaka. Sejumlah orang dilaporkan terluka dan kepulan asap hitam terlihat menguar dari sebuah bangunan yang terletak di wilayah tepi laut Odaiba, Tokyo. 

Badan Meteorologi Jepang memperingatkan tsunami setinggi 6 meter mengancam pantai dekat Miyagi, daerah terdekat dengan pusat gempa. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Jepang, Rusia, Marcus Island, dan Northern Marianas. Pengamatan tsunami juga disiagakan di Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia, dan Hawai. (Xinhua/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini