Sukses

Gibbs Mulai Februari Tinggalkan Gedung Putih

Salah satu penasihat Presiden Obama yang paling berpengalaman dan terpercaya Robert Gibbs akan segera meninggalkan gedung putih pada awal bulan Februari mendatang. Wakil Sekretaris Pers Bill Burton dan John Earnest, serta Juru Bicara Wakil Presiden Jay Carney disebut-sebut sebagai calon pengganti Gibbs.

Liputan6.com, Washington DC: Salah satu penasihat Presiden Obama yang paling berpengalaman dan terpercaya Robert Gibbs akan segera meninggalkan gedung putih pada awal bulan Februari mendatang dan memulai jadwal kerjanya menghimpun suara kembali untuk atasannya, seiring dimulainya perombakan pemerintahan. Gibbs juga telah mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan gedung putih kepada para stafnya di akhir acara rapat, Rabu (5/12) pagi waktu setempat.

Gibbs mengatakan sampai saat ini dirinya belum mengetahui perihal pengganti yang akan menenempati posisinya. Kandidat yang kabarnya akan mengisi posisi tersebut di antaranya adalah Wakil Sekretaris Pers Bill Burton dan John Earnest, serta Juru Bicara Wakil Presiden Jay Carney.

Dalam sebuah Pernyataan, Presiden Obama memuji kinerja Gibbs dan mengatakan, "Selama 6 tahun terakhir, Robert telah menjadi teman dekat dan penasihat terbaik Saya, juga advokat yang efektif atas semua yang kami lakukan untuk memajukan Amerika. Saya pikir ini adalah hal yang wajar jika Gibbs memutuskan untuk mengundurkan diri dan meninggalkan gedung putih. Namun itu tidak mengubah peran penting Gibbs yang akan terus bermain dalam tim kami."

Tidak hanya Gibbs yang akan melangkah keluar gedung putih. Staf-staf Obama lainnya yang juga mengundurkan diri di antaranya adalah penasihat politik presiden David Axelrod serta Kepala Staf Rahm Emanuel. Axelrod akan bergabung dengan Gibbs untuk menjadi bagian dari tim kampanye Obama untuk pemilihan presiden mendatang. Sedangkan Emanuel saat ini tengah menjalankan tugasnya sebagai walikota Chicago. (yahoonews/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini