Sukses

Sekjen PBB Serukan Dua Korea Tahan Diri

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon menyerukan pengendalian diri kedua Korea setelah mengecam serangan artileri oleh Korea Utara ke arah Korea Selatan.

Liputan6.com, New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon menyerukan pengendalian diri kedua Korea setelah mengecam serangan artileri oleh Korea Utara ke arah Korea Selatan. Ban pun sangat prihatin oleh ketegangan di Semenanjung Korea akibat serangan artileri Korut tersebut. Demikian pernyataan juru bicara Sekjen PBB, Selasa (23/11) [baca: Korea Utara Serang Korea Selatan].

"Ban mendesak segala perbedaan pandangan harus dituntaskan melalui jalan damai dan perundingan," imbuh juru bicara. Selain itu, Sekjen PBB menyatakan keprihatinan mendalamnya kepada Inggris selaku pemimpin Dewan Keamanan PBB. Namun, Duta Besar Inggris Mark Lyall Grant mengatakan bahwa belum ada negara memohon sidang dewan tersebut untuk membicarakan serangan itu.

Diplomat Inggris mengatakan, diperkirakan tidak ada permohonan pada Rabu ini. Sebab, negara-negara anggota DK PBB harus lebih dulu memutuskan langkah nyata dan tanggapan Dewan. Apalagi, Dewan Keamanan PBB membutuhkan beberapa hari untuk menindaklanjuti penenggelaman kapal perang Korsel pada Maret silam, yang diduga dilakukan Korut. Adapun sejauh ini utusan Korut untuk PBB menolak membicarakan kejadian terbaru itu ketika dihubungi AFP.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini