Sukses

Hujan dan Longsor Menambah Penderitaan Warga Cina

Setidaknya lebih dari seribu orang tewas dalam banjir di Cina bagian selatan dan timur laut pada tahun ini.

Liputan6.com, Longnan: Hujan lebat yang semakin sering terjadi di Cina bagian barat, telah menimbulkan longsor dan banjir, serta menewaskan sedikitnya 20 orang dan lebih dari 10.500 orang masih terjebak di lokasi bencana. Di Longnan, misalnya, 15 orang tewas dan lebih dari 10 ribu warga terjebak. Sementara, lebih dari seribu orang tewas di kota dekat Zhouqu, akhir pekan lalu akibat hujan yang luar biasa deras. Di Provinsi Sichuan bagian selatan, longsor pun telah menewaskan lima orang dan lebih dari 500 orang terjebak [baca: Longsor Kembali Menerjang Cina].

Hujan terjadi mulai Kamis malam di Mianzhu, dekat Provinsi Sichuan, di mana gempa besar pernah mengguncang daerah ini pada 2008 yang menewaskan sedikitnya 80 ribu orang. Longsor terpusat di Desa Qingping dan Tianchi. Qingping dikelilingi oleh pegunungan yang memiliki struktur tanah labil akibat gempa bumi yang terjadi pada 2008. Seorang pejabat pemerintah mengatakan, Qingping adalah tempat bermukim sekitar 6.000 orang.

Hingga kini, pihak berwenang masih mencoba mencari kejelasan tentang jumlah kerusakan yang telah ditimbulkan oleh banjir dan longsor tersebut. Upaya penyelamatan telah mulai dilakukan. Setidaknya lebih dari seribu orang tewas dalam banjir di Cina bagian selatan dan timur laut pada tahun ini.(ANS/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini