Sukses

PM Korea Selatan Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Korea Selatan Chung Un Chan mengumumkan pengunduran dirinya, Kamis (29/7), setelah parlemen menggagalkan upayanya untuk menghentikan proyek pemindahan ibukota dari Seoul.

Liputan6.com, Seoul:  Perdana Menteri Korea Selatan Chung Un Chan mengumumkan pengunduran dirinya, Kamis (29/7), setelah parlemen menggagalkan upayanya
untuk menghentikan proyek pemindahan ibukota dari Seoul.

Pemerintahannya berusaha untuk membatalkan proyek pengembangan yang dilakukan oleh mantan presiden Roh Moo Hyun. Pemindahan beberapa kantor pemerintah ke tempat baru di Propinsi Chungcheong Selatan, sekitar 100 kilometer selatan Seoul menuai banyak protes karena dianggap menghamburkan uang negara.

Tapi usulan yang diajukan olehnya ditolak oleh Majelis Nasional pada 29 Juni. Penolakan datang bukan hanya dari pihak oposisi tapi juga dari lingkungan partainya sendiri. Chung mengatakan, ia menyesali kegagalannya dalam mencegah rencana tersebut.

Presiden Lee Myung Bak diharapkan segera memilih pengganti Chung. Lee juga berencana untuk merombak kabinet sebagai bagian dari upaya nyata untuk menstabilkan pemerintahannya. (NHK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini