Sukses

Israel Serang Kapal Bantuan Internasional 10 Tewas

Pemerintah Israel menyerang kapal bantuan kemanusia Gaza hingga menyebabkan 10 aktivis tewas dan 30 orang lainnya terluka.

Liputan6.com, Tel Aviv: Pemerintah Israel menyerang kapal bantuan kemanusian Gaza hingga menyebabkan sepuluh aktivis tewas dan 30 orang lainnya terluka, Senin ( 31/5). Saksi mata mengatakan serangan Angkatan Laut Israel yang didukung helikopter serta dua kapal tempur menyerang kapal pemimpin armada bantuan, Marmara Mavi.

Sebelum penyerangan, saksi mata yang enggan diidentifikasi mengatakan, AL pemerintah Zionis Israel sempat menghubungi kapten kapal dan memintanya mengidentifikasi diri serta tujuan kapal. Guna menghindari konfrontasi lanjut, akhirnya memutuskan melambat. 

Sementara juru bicara Israel mengklaim kapal kemanusiaan lebih merupakan "tindakan provokasi" terhadap militer Israel, daripada menyalurkan bantuan. Tel Aviv juga menuding kapal aktivis melanggar hukum internasional dengan memasuki wilayah perairan Gaza dan telah melarang mereka sebelumnya. Namun klaim ini ditolak oleh aktivis kemanusiaan

Sebelumnya 6 kapal bantuan kemanusiaan membawa bantuan bagi warga Gaza yang selama ini diblokade pemerintah Yahudi bertolak dari Siprus Ahad kemarin. Pemenang Nobel dokter Mairead Maguire dan beberapa anggota legislator beberapa negara Eropa ikut bergabung dalam rombongan ratusan aktivis pro-Palestina.(Aljazeera/Telegraph/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.