Sukses

Kapal Perang Korsel Tenggelam Akibat Terpedo

Dugaan kapal the Cheon meledak akibat serangan terpedo semakin menguat setelah jejak unsur zat kimia bahan peledak torpedo ditemukan di dekat puing kapal yang tenggelam di dekat perbatasan dengan Korea Utara.

Liputan6.com, Seoul: Dugaan kapal the Cheon meledak akibat serangan terpedo semakin menguat setelah jejak unsur zat kimia bahan peledak torpedo ditemukan di dekat  puing kapal yang tenggelam di dekat perbatasan dengan Korea Utara. Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Korea Selatan Senin (10/4)

Dalam jumpa pers, menteri Kim Tae-young mengatakan," Tim investigasi berhasil mendeteksi zat RDX yang biasa digunakan dalam pembuatan torpedo". "Kemungkinan kapal meledak akibat serangan torpedo mulai terungkap tapi , Young menambahkan, terlalu dini saat ini untuk memutuskan hasil penyelidikan".  Sementara juru bicara tim gabungan investigasi Laksamana Moon Byung-ok juga menegaskan zat peledak terpedo ditemukan di reruntuhan cerobong kapal serta sampel pasir di tempat kejadian.

Kapal the Cheonan berbobot 1.200 ton tenggelam di Laut Kuning 26 Maret lalu akibat ledakan yang merobek lambung kapal tersebut. 58 pelaut diselamatkan, namun 46 lainnya tewas. Hingga kini, Seoul tidak secara langsung menyalahkan Korea Utara sebagai penyebab kapal naas dan Pyongyang pun membantah melakukan terlibat serangan. (Yahoo/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini