Sukses

Topan Padamkan Listrik 60 Ribu Rumah

Topan yang menerjang Australia bagian timur, mengakibatkan listrik di 60 ribu rumah padam. Bandar udara pun dipastikan menutup operasional untuk sementara waktu.

Liputan6.com, Mackay: Topan yang melanda Australia bagian timur, kemarin mengakibatkan padamnya listrik di 60 ribu rumah dan memaksa bandara menutup operasional sementara waktu. Topan tropis Ului yang terbentuk di perairan timur Australia menerpa Queensland, Minggu pagi. Topan ini menimbulkan hujan lebat di seluruh wilayah. Dalam kurun waktu 24 jam, 300-450 mm curah hujan tercatat di pinggiran Kota Mackay.

Seperti diwartakan NHK, Senin (22/3), angin topan dengan kecepatan lebih dari 180 kilometer per jam mengakibatkan jaringan listrik rusak parah. Perusahaan listrik setempat mengatakan pemadaman terjadi setelah angin kuat menghantam jaringan listrik. Angin ini juga membuat perahu terseret ke daratan.

Akibat peristiwa ini, wisatawan yang berkunjung ke Great Barrier Reef segera dievakuasi. Pemerintah Negara Bagian Queensland mengatakan tidak ada korban cedera sejauh ini. Peninjauan pascaperistiwa ini masih terus dilanjutkan. Menurut Badan Meteorologi setempat, hujan lebat dipastikan akan terus mengguyur daerah tersebut hingga Senin ini. Warga diharapkan tetap waspada akan banjir.(RST/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.