Sukses

Iran Kecam Barat soal Nuklir

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengkritik Barat soal fasilitas nuklir terbaru mereka. Menurutnya, fasilitas nuklir tersebut tidak rahasia.

Liputan6.com, New York: Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengkritik Barat soal fasilitas nuklir terbaru mereka. Ahmadinejad mengatakan fasilitas nuklir yang baru diungkapkan Iran terbuka untuk pengawasan oleh pakar PBB.

Ahmadinejad menekankan fasilitas yang diperkirakan didirikan di dekat Kota Qom, dibangun sesusai dengan peraturan PBB.

Sebelumnya, para pemimpin Amerika, Inggris, dan Prancis menuduh Iran membangun fasilitas baru untuk memperkaya uranium dan melanggar peraturan PBB. Mereka mengangkat kemungkinan mengenakan sanksi yang lebih keras terhadap Iran bila negara itu tidak mau bekerjasama dengan negara-negara lain.

Namun dalam jumpa pers di New York, Ahmadinejad mengecam kritikan Barat tersebut. "Para pemimpin yang mengeluh tentang fasilitas itu melakukan kesalahan berat dan pasti menyesali langkah mereka," katanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (26/9).

Ahmadijenad menolak klaim Presiden Barack Obama, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, dan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown bahwa fasilitas itu dirahasiakan. "Bila dirahasiakan, mengapa kami memberitahu IAEA tentang itu satu tahun sebelumnya?" kata Ahmadinejad.

Ahmadinejad mengatakan Presiden Obama bukanlah pakar nuklir. Untuk itu, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) segera diijinkan masuk untuk melakukan pengecekan.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini