Sukses

Banjir Bandang Rendam Turki, 31 Orang Tewas

Banjir bandang merendam Turki akibat hujan deras selama tiga hari terakhir. Sebanyak 31 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya hilang. Ini merupakan hujan deras terburuk sejak 80 tahun terakhir.

Liputan6.com, Istanbul: Cuaca buruk terus mendera Turki akibat hujan deras yang mengguyur bagian barat laut negara itu sejak tiga hari terakhir. Bahkan, pada Rabu (8/9) waktu setempat, banjir bandang dilaporkan terus meluas dan telah menewaskan 31 orang. Sebanyak 14 orang di antaranya tewas terjebak dalam kendaraan mereka. Sedangkan belasan orang cedera dan puluhan lainnya dilaporkan hilang.

Guyuran hujan deras pada Selasa (8/9) waktu setempat, merupakan yang terburuk dalam 80 tahun terakhir. Akibatnya, banjir bandang terus meluas di Provinsi Istanbul dan Tekirdag. Para petugas penyelamat pun sibuk mengevakuasi warga yang terjebak dalam rumah-rumah mereka. Perahu karet dan helikopter turut dikerahkan untuk menyelamatkan warga yang mengungsi ke atap rumah dan kendaraan mereka.

Kendati demikian, para petugas tak sanggup menjangkau warga yang terjebak dalam kendaraan. Akibatnya banyak warga yang tewas dalam kendaraan mereka saat menanti petugas penyelamat. Bahkan tak sedikit warga yang memilih berusaha menyelamatkan diri sendiri. Seperti menceburkan diri ke dalam air bah dan berusaha mencapai dataran tinggi.

Selain menimbulkan korban jiwa, banjir juga turut merendam rumah dan kendaraan warga serta memutus aliran listrik dan jalur transportasi menuju Bandar Udara Internasional Attaturk, Yunani dan Bulgaria. Namun, pada Rabu sore waktu setempat, banjir mulai surut di sejumlah lokasi. Pemerintah mengimbau warganya untuk tak bepergian keluar rumah setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat memprediksi akan ada turun hujan deras di Turki sepanjang pekan ini. Selengkapnya, simak video berita ini.(UPI/DIO)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini