Sukses

Iran Tangkap Tiga Warga AS

Iran menangkap tiga warga Amerika Serikat yang "menyusup" melalui perbatasan dengan Irak, kata televisi pemerintah, Al-Alam, Sabtu (1/8).

Liputan6.com, Teheran: Iran menangkap tiga warga Amerika Serikat yang "menyusup" melalui perbatasan dengan Irak, kata televisi pemerintah, Al-Alam, Sabtu (1/8).

Beshro Ahmed, penasehat untuk keamanan umum di wilayah otonomi Kurdi di Irak, mengatakan, kedua pria dan satu wanita itu masuk dari Turki bersama dengan orang AS keempat yang tidak ikut perjalanan itu karena sakit.

Ahmed menyebut ketiga orang itu sebagai Shane Bower, Sara Short dan Joshua Steel, sementara Shaun Gabriel Maxwell tinggal di hotel mereka di kota terbesar kedua di wilayah Kurdi itu, Sulaimaniyah. "Pada Kamis lalu, tiga dari mereka pergi ke tempat peristirahatan musim panas di Ahmed Awa," kata Ahmed tentang tempat sekitar 90 kilometer di timurlaut Sulaimaniyah itu.

Ahmed Awa memiliki beberapa hostel pemuda, salah satunya ditinggali ketiga warga Amerika itu. Perbatasan Iran sendiri tidak ditandai dengan jelas. "Polisi wisata (Kurdi) di daerah itu telah minta mereka untuk tidak mendaki gunung karena perbatasan Iran sangat dekat," kata Ahmed.

Pada Jumat, mereka mendekati gunung itu, dan mendakinya. Kemudian mereka memanggil teman mereka di hotel memberitahunya bahwa mereka ditangkap pasukan Iran di perbatasan," kata Ahmed. Kedutaan besar AS di Baghdad mengatakan mereka telah mengetahui laporan itu".

Sementara itu, saluran televisi lain menyebutkan tiga yang ditangkap itu adalah personel militer AS. Tapi, pihak AS membantahnya.(ANTARA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini