Sukses

Era Pesawat Supersonik Concorde Berakhir

Pesawat Concorde secara resmi telah mengakhiri penerbangannya dengan mengambil rute New York-London. Pesawat ini akan berubah status menjadi penghuni museum.

Liputan6.com, London: Pesawat supersonik Concorde tiba di Bandara Heathrow, London, Inggris, Jumat (24/10), sekitar pukul 21.50 WIB dari Bandara John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat, dalam misi penerbangan terakhirnya. Penerbangan terakhir ini menandakan era berakhirnya pesawat yang mampu melesak hingga dua kali kecepatan suara ini [baca: Concorde Terbang Terakhir dari New York].

Untuk penerbangan terakhir, pesawat milik maskapai British Airways ini melelang tiket di internet. Para pemenang lelang harus merogoh kocek cukup dalam karena setiap penumpang wajib menyediakan biaya sebesar US$ 60 ribu. Di antara penumpang dalam penerbangan bernomor 002 ini terlihat aktris Joan Collins, supermodel Christie Brinkley, dan bos balap mobil Formula Satu Bernie Ecclestone. Untuk selanjutnya, pesawat berjuluk Speedbird One ini akan menjadi penghuni museum.

Concorde dibuat pada 1960 sebagai hasil proyek bersama antara Prancis dan Inggris. Selama hampir 30 tahun, Concorde berjasa membawa penumpang yang umumnya kaya dan terkenal melintasi Samudera Atlantik. Penyanyi Phil Collins, mendiang Putri Diana dan petenis Jerman Boris Becker adalah beberapa selebritas dunia yang pernah merasakan kenyamanan pesawat yang mengudara pertama kali pada 1976 ini.(YYT/Indreswari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini