Sukses

Concorde Prancis Meledak Karena Serpihan Logam

Kecelakaan Concorde Air France tahun silam diakibatkan oleh serpihan logam dari DC 10. Logam itu mengoyak tangki bahan bakar dan sehingga pesawat naas itu meledak saat lepas landas.

Liputan6.com, Paris: Kecelakaan pesawat Concorde Air France tahun silam dipastikan diakibatkan oleh serpihan logam yang berasal dari salah satu pesawat DC 10 milik Maskapai Penerbangan Continental Airlines. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Investigasi Kecelakaan Prancis (BEA) Paul Louis Arslanian, di Museum Dirgantara dan Antariksa di Paris, Senin (8/1).

Arslanian mengatakan, laporannya ini bersifat sementara namun kepastiannya nyaris maksimal. Ia mendapati bukti bahwa kecelakaan itu disebabkan tangki bahan bakar pesawat yang terkoyak oleh serpihan logam ketika pesawat itu lepas landas di Bandar Udara Charles de Gaulle. Serpihan itu diyakini berasal dari roda pesawat lain yang retak, yakni DC-10 Continental Airlines.

Laporan ini, menurut Arslanian, rencananya akan dikeluarkan dalam tahun 2001. Ada kemungkinan, kata dia, Air France siap mengaktifkan kembali penerbangan armada Concorde akhir Februari mendatang. Sementara ini, Continental Airlines menyatakan belum memeriksa serpihan logam itu dan karena itu belum dapat mengkonfirmasikan kebenarannya. (HFS/Rya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini