Sukses

Lahar Dingin Masih Harus Diwaspadai

Ketua Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Suron, mengatakan endapan material vulkanik terlihat di seluruh sungai yang berhulu di Gunung Merapi.

Liputan6.com, Yogyakarta: Ketua Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, mengatakan endapan material vulkanik terlihat di seluruh sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Ia menyebutkan, sungai-sungai tersebut di antaranya Kali Kuning, Kali Boyong, Kali Gendol, Kali Senowo, Kali Bebeng, dan Kali Tringsing yang tersebar di sejumlah titik.

"Banjir lahar dingin merupakan masalah yang tidak boleh diremehkan karena aktivitas Merapi masih tinggi dan berbahaya," kata Surono, Ahad (14/11). Menurutnya, jika cuaca tidak bersahabat (hujan deras), material vulkanik bakal terus mengaliri sungai-sungai lantaran terguyur hujan.

Karena itu, warga di bantaran Kali Code dan Boyong pun terus diminta waspada. Hingga kini, warga bersama dinas terkait masih bahu-membahu membersihkan material vulkanik yang mampir ke Kali Code. (APY/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.