Sukses

Aktivitas Merapi Sejak Pagi Hingga Petang Meningkat

Sejak Jumat pagi hingga petang, Gunung Merapi terus menunjukkan peningkatan aktivitasnya. Asap hitam pekat bertekanan tinggi terus keluar dari puncak Merapi dan tersapu angin ke arah selatan dan barat daya.

Liputan6.com, Boyolali: Kondisi puncak Gunung Merapi, pada Jumat (12/11), terpantau jelas secara kasat mata dari kawasan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Sejak pagi hingga petang, aktivitas Merapi terlihat meningkat. Asap kehitaman terus keluar dari kawah Merapi dengan tekanan cukup tinggi, bahkan ketinggian asap diperkirakan mencapai hingga satu kilometer.

Material vulkanik berupa debu langsung tersapu ke arah selatan dan barat daya atau menuju arah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Magelang, Jateng. Meski aktivitas Merapi masih memprihatinkan, sebagian warga di wilayah Selo, masih saja tidak mau mengungsi. Beberapa warga Desa Lencoh, misalnya, yang hanya berjarak sekitar lima kilometer dari Merapi lebih memilih tinggal di rumah ketimbang di pengungsian.

Menyikapi meningkatnya aktivitas Merapi, warga diimbau selalu waspada secara bergantian memantau kondisi puncak gunung tersebut.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini