Sukses

Hewan Ternak Akhirnya Diungsikan

Hewan ternak milik warga di sekitar lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Kinahrejo, diungsikan ke areal pos pengungsian Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Klaten: Hewan ternak warga di sekitar lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Kinahrejo, diungsikan ke areal pos pengungsian Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Kamis (28/10) siang, tercatat ada 12 sapi yang dievakuasi.

Hampir sebagian besar sapi tampak mengenaskan karena mengalami luka bakar akibat terkena material letusan merapi. Bahkan, ada sapi yang sudah tak bisa berdiri lagi karena nyaris semua tubuhnya melepuh. Proses evakuasi sapi dilakukan oleh warga setempat.

Salah satu yang terlibat penyelamatan sapi adalah Sahlan Hasbi. "Warga bergerak karena binatang ternak kerap dilupakan saat terjadi bencana alam," katanya. Sahlan menambahkan, evakuasi sapi juga sangat perlu karena merupakan aset satu-satunya warga yang tinggal di lereng Merapi. "Biar warga yang sudah di pengungsian nggak kepikiran terus sapi mereka," ucap Sahlan.

Lebih jauh dia mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan instansi terkait soal pengungsian sapi-sapi ini. Di antaranya Pemerintah Kabupaten Sleman, tim dokter kesehatan hewan, dan para mahasiswa peternakan.

Sejauh ini, ternak sudah dievakuasi dari sekitar Desa Kinahrejo. Warga selanjutnya akan menurunkan ternak yang ada di kawasan Kepuharjo dan Glagaharjo. "Kira-kira masih ada 100-an sapi lagi," tandas Sahlan.(ASW/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini