Sukses

Rezim Bush Izinkan Penyiksaan Tahanan

Dalam dengar pendapat dengan Senat AS, seorang mantan pejabat AS mengungkapkan, pemerintahan Bush telah mengizinkan penggunaan teknik interogasi yang menyimpang untuk para tahanan teroris.

Liputan6.com, Washington: Mantan ajudan Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice, Phillip Zelikow, menuduh pemerintahan Bush telah mengizinkan penggunaan teknik interogasi yang menyimpang dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal itu ia ungkapkan saat rapat dengar pendapat dengan Senat AS, rabu (13/5) di Washington. "Pemerintah AS selama lebih dari tujuh tahun telah mengadopsi program penyiksaan fisik yang kejam dan tidak manusiawi dalam sejarah AS. Ini hanya demi mengorek sebuah informasi" ujarnya sambil mengatakan bahwa kesalahan itu merupakan kesalahan kolektif.

Di samping itu,  Zelikow juga memberikan kesaksian bagaimana mantan pejabat dalam pemerintahan berusaha mengumpulkan dan memusnahkan salinan memo yang ia tulis guna menentang teknik penyiksaan tersebut. Selama ini pemerintahan Bush kerap dikritik seputar teknik interogasi yang dipakai untuk para tahanan. Salah satunya adalah teknik waterboarding, teknik yang memberikan sensasi seolah-olah tubuh sedang tenggelam dalam air. Teknik ini ditentang kelompok hak asasi manusia.

Dengar pendapat antara Zelikow dengan Senat AS berlangsung di tengah kontroversi Presiden AS Barack Obama yang melarang penyebaran foto penyiksaan para tahanan teroris di Afghanistan dan Irak. (ISW/Aljazeera)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini