Sukses

Hutan Wisata Rejang Lebong 90 Persen Gundul

Hutan terbesar terdapat di sekitar kaki Bukit Kaba, sudah beralih fungsi menjadi kebun sayur dan kebun kopi masyarakat. Kondisi ini berdampak pada cuaca di obyek wisata Bukit Kaba yang tak sejuk lagi dan lokasi mudah longsor.

Liputan6.com, Rejang Lebong: Kawasan hutan Taman Wisata Alam di Bengkulu, khususnya di kawasan Bukit Kaba, Rejang Lebong kondisinya memprihatinkan. Dari luas seluruhnya 15.000 hektare, 90 persen di antaranya sudah gundul akibat ulah penggarap liar.

Hutan TWA terbesar terdapat di sekitar kaki Bukit Kaba, namun kini kawasan hutan itu sudah beralih fungsi menjadi kebun sayur-mayur dan kebun kopi masyarakat. Selama ini pihak terkait mengaku kewalahan menghentikan kelompok masyarakat perambah yang berada di sekitar kaki Bukit Kaba itu.

Kerusakan hutan berdampak pada cuaca pada obyek wisata Bukit Kaba yang sudah tidak sejuk lagi dan jalan menuju puncak bukit tersebut juga sangat mudah longsor, terutama pada musim penghujan. Selain itu, permukiman juga terancam bila gunung berapi Bukit Kaba yang aktif mengeluarkan lahar panas.

Sebelumnya kawasan hutan wisata itu selain sebagai penyangga resapan air dan ketahanan tanah, juga diharapkan bisa menahan lahar panas bila gunung berapi itu sewaktu-waktu mengeluarkan lahar. Pemda setempat meminta warga meningggalkan lahan setelah habis masa panen.(JUM/Antara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini