Sukses

Usai Salat Ashar Jamaah Haji Menuju Arafah

Menurut Wakil Kepala Daker Mekah Amin Akkas, Ahad pagi usai Magrib pihaknya akan menyisir pemondokan para jamaah Indonesia. "Sweeping diperkirakan berakhir pukul 21.00 malam," ujar Amin.

Liputan6.com, Mekah: Banyak jamaah haji Indonesia mulai bergerak ke Arafah, Sabtu malam kemarin. Mereka akan menginap dulu di Mina yang disebut tarwiyah. Ibadah ini meniru perjalanan haji Nabi di masa silam sebelum bergerak ke Arafah.

Menurut Wakil Kepala Daker Makkah Bidang Pelayanan Umum dan Ibadah Amin Akkas, hingga Sabtu malam baru ada dua kloter yang melaporkan akan melakukan tarwiyah. "Berapa yang melakukan tarwiyah, laporannya belum semua masuk ke Daker, karena secara administratif mereka lapor ke kantor sektor," ujar Amin, Ahad (14/11) pagi.

Dua kloter itu, seluruh jamaahnya berangkat untuk bermalam di Mina. Sabtu malam, yaitu Kloter 47/JKG dan Kloter 70/SOC berangkat ke Mina menggunakan bus berspanduk nama kloter mereka. Yang lainnya ada beberapa rombongan yang berangkat juga. Ada yang berangkat 30 orang, ada yang 40 orang.

Ahad pagi, arus jamaah Indonesia ke Mina terus bertambah. Tapi, mayoritas adalah jamaah dari negara lain. Jamaah dari negara lain berangkat selepas Subuh dari Masjidil Haram, berjalan kaki menuju Mina dengan ihram mereka. Jalanan pun menjadi serba putih, terlihat merambat dari terowongan pedesterial yang menghubungkan Masjidil Haram dengan jalan raya ke Mina.

Selesai menginap di Mina, jamaah akan bergerak ke Arafah, besok pagi untuk menjalankan wukuf. Wukuf di Arafah akan dimulai pukul 12.00. Para petugas haji yang bertanggung jawab untuk Arafah dan Mina meninggalkan Mekah mulai Ahad pukul 09.00 waktu setempat. Petugas-petugas ini bertanggung jawab menunjukkan maktab kepada para jamaah. Petugas penjaga katering juga berangkat Ahad pagi.

Sementara di Arafah ada 71 maktab. Masing-masing maktab disediakan dapur dan tenda makan. Disediakan pula gudang bahan makanan. Petugas haji Daker Makkah berangkat ke Arafah sebagai gelombang terakhir. Mereka terlebih dulu memeriksa setiap pondokan untuk memastikan tak ada jamaah yang tertinggal. Mereka bergerak ke Arafah selepas Maghrib.

Menurut Wakil Kepala Daker Mekah Amin Akkas, Ahad pagi hingga usai Magrib pihaknya akan menyisir pemondokan para jemaah Indonesia. "Sweeping diperkirakan berakhir pukul 21.00 malam," ujarnya kepada Liputan6.com di Kantor Daker Mekah. Amin memastikan semua pemberangkatan para jamaah haji menuju Arafah akan selesai usai salat Ashar.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.